Cara Mengatasi Batuk Pada Anak Secara Alami Menurut SehatQ.com


Batuk dapat menyerang siapa saja tak mengenal usia, bahkan anak-anak lebih rentan terkena batuk. Banyak faktor yang membuat buah hati batuk, diantaranya karena tertular dari orang sekitar maupun cuaca yang tak mendukung. Mengingat masih anak-anak, cara mengatasi batuk pada anak usahakan secara alami sehingga tak ada efek samping.

Cara Mengatasi Batuk Pada Anak Secara Alami

Memang, obat batuk di toko obat banyak yang untuk anak. Tetapi kurang cocok untuk jangka panjang, lebih baik menggunakan obat batuk anak tradisional yang ampuh. Agar tak ada keraguan, bisa berkonsultasi dengan SehatQ. Situs kesehatan tersebut menyediakan fasilitas chat dengan dokter profesional dan layanan antar obat, untuk itulah dibawah ini ada cara mengatasi batuk pada anak dengan bahan alami:

1. Teh Kunyit Dan Blackpepper

Kunyit dipercaya sebagai obat batuk berdahak anak tradisional turun temurun. Sayangnya, anak-anak kurang menyukai aroma kunyit yang tidak enak. Untuk itulah anda bisa menambahkannya dengan teh dan blackpepper sehingga lendir pada tenggorokan anak bisa keluar.

Usahakan anak muntah usai meminum ramuan tersebut, dengan begitu lendir terbawa bersama muntahan anak. Tetapi jika anak tidak muntah, tak masalah. Yang terpenting lakukan perawatan setiap hari satu kali saja.

2. Madu

Madu aman diminum anak-anak, bahkan termasuk cara mengatasi batuk pada bayi 8 bulan. Pasalnya, bayi tidak mampu mengeluarkan dahak yang mengganggu tenggorokannya. Alhasil hanya menangis dan rewel selama batuk belum sembuh.

Jadikan madu sebagai peluruh dahak anak anda, caranya adalah teteskan madu yang dicampur sedikit kunyit. Kunyit mengandung sifat anti inflamasi dan kandungan lain yang mampu mengatasi batuk, tak perlu banyak-banyak mencampurkan 2 bahan tersebut. Cukup 2 tetes madu dan satu atau 2 sendok perasan kunyit saja.

3. Teh Tulsi

Cara mengatasi batuk pada anak dengan pijat dipercaya banyak orang, tetapi orang yang memijat harus profesional dan memahami saraf-saraf otot. Dengan begitu batuk segera sembuh, jika sulit menemukan tukang pijat handal bisa mengatasi batuk dengan teh tulsi.

Teh tulsi dipercaya sebagai obat batuk yang tak kunjung sembuh. Banyak manfaat yang didapat menggunakan teh tulsi, misalnya kekebalan tubuh semakin terjaga, mengatasi pilek dan sakit kepala akibat batuk. Anda bisa mencampurkan madu, lemon dan jahe agar disukai anak. Pastinya rasanya tak terlalu pahit, justru melegakan tenggorokan.

4. Minum Air Putih Hangat

Jika anak menolak diberikan obat tradisional, memperbanyak minum air putih hangat menjadi solusi. Apalagi dahak bisa luruh jika banyak minum air hangat, pastikan anak banyak minum air hangat usai bangun tidur, sebelum makan atau sekitar setengah jam sekali. Dengan begitu batuk cepat reda dan bisa beraktivitas kembali.

Dijamin cara mengatasi batuk pada anak tersebut mudah dipraktekan. Cukup menasehati anak dan ajak mereka bermain agar bersedia meminum air hangat, jika menolak maka lakukan perlahan.

5. Sup Ayam

Siapa sangka, sup ayam bisa dijadikan pereda batuk anak loh. Apalagi sup ayam mengandung vitamin, kalori baik, mineral dan protein sehingga mampu menjaga kekebalan tubuh anak. Alhasil energi anak tetap terjaga karena menyantap sup ayam, yang terpenting sajikan sup saat masih hangat agar anak lebih bersemangat dan mengeluarkan keringat.

Anda bisa memilih cara mengatasi batuk pada anak sesuai kondisi, yang terpenting adalah menjaga pola hidup anak. Tujuannya agar terhindar dari penyakit menular lain lantaran imunitasnya lemah. Jika anda butuh konsultasi karena batuk anak tak kunjung sembuh, bisa tanya dokter terdekat atau secara online. Pilihlah situs kesehatan terpercaya agar keluhan anda teratasi.

Tidak ada komentar untuk "Cara Mengatasi Batuk Pada Anak Secara Alami Menurut SehatQ.com"